Informasi Lengkap Era Digital

Sejuta Cerita Taman Indonesia Kaya di Semarang

Pemerintah kota Semarang saat ini sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan pariwisata yang ada di kota Semarang. Banyak objek-objek wisata yang dibenahi tentunya dengan tujuan untuk menarik para wisatawan baik itu wisatawan asli Semarang maupun dari luar kota. keberhasilan pemerintah kota Semarang dalam menggerakkan sektor pariwisata dapat dilihat pada akhir pekan, jalan-jalan banyak yang macet mobil-mobil plat luar kota menghiasi jalanan.

Ada satu objek yang menurut saya sayang untuk dilewatkan kalau kita ingin bersantai bersama keluarga. Nama objeknya adalah taman Indonesia kaya, dahulu dikenal dengan nama taman KB. Taman KB ini dulu kalau malam angker, dalam arti orang malas lewat di area taman tapi karena dianggap sebagai tempat nongkrong para waria menjajakan dagangan. Juga dulu dikenal tempat orang berpacaran hingga melampaui batas.

Tetapi lihatlah sekarang, pemerintah kota Semarang merombaknya menjadi nama taman Indonesia kaya. Dibangun di lokasi tersebut spot foto yang instagramable. Tempat ini sangat cocok untuk nongkrong banyak pepohonan yang rindang. Kalau perut anda merasa lapar, di sisi sebelah utara para penjual tahu gimbal khas Semarang, penjual es campur, penjual jagung bakar dan bermacam-macam jajanan yang lain siap memuaskan nafsu kuliner anda.

Meskipun sudah dilakukan renovasi, pemerintah kota Semarang tidak melupakan asal usul taman ini. Di tengah-tengah taman masih ada patung ibu yang membawa dua anak. Juga terdapat playground, air mancur dimana semakin membuat anak-anak betah bermain. Bergeser sedikit ke Barat terdapat main hall. Pada hari-hari tertentu main hall ini ini sering dipakai untuk acara-acara sekolah maupun swasta, biasanya untuk pentas seni, teater, maupun pameran karya-karya yang lain.

Selain sebagai area rekreasi atau bersantai sebenarnya taman Indonesia kaya ini juga cocok di buat olahraga jalan sehat. Terdapat banyak jalan-jalan kecil yang sudah dicor, ma sehingga Anda bisa sambil menikmati pemandangan hijau juga jantung dan tubuh anda menjadi lebih sehat karena banyak berjalan tentunya jangan berlebihan. Sebagai informasi taman Indonesia kaya ini memiliki luas 5000 M2.

Keran air siap minum

Apakah anda haus pada saat jalan-jalan? Jangan khawatir karena di dalam taman Indonesia kaya sudah disediakan an8 kran yang airnya siap diminum tentunya isinya air putih, bukan es sirup ya. Anda tinggal model bawa botol kosong, tapi tetap harus bawa uang, untuk berjaga-jaga kalau airnya pas tidak keluar, siapa tahu airnya pas habis karena musim kemarau.

Ketersediaan toilet

Namanya orang rekreasi, salah satu yang dicari pasti adalah toilet. Orang akan betah berlama-lama bermain kalau disediakan tempat pipis atau tempat buang air besar. Jangan khawatir di sini ada toiletnya kok.

Ornamen hias berupa wayang menyala

Sebagai objek yang ada di daerah Jawa, tempat ini tidak meninggalkan budaya titik di beberapa sudut kita dapat menjumpai ornamen berbentuk wayang kulit yang bisa menyala. Beberapa apa tokoh Pandawa dan tokoh Mahabharata berdiri dengan cantik sekali di taman ini. Anak-anak kecil yang diajak ke sini bisa belajar budaya Jawa dalam hal ini wayang.

Keluhan mengenai parkir

Parkir merupakan masalah klasik di Kota Semarang beberapa pengunjung mengeluhkan mahalnya parkir di sekitar taman Indonesia kaya apalagi kalau pas liburan dan akhir pekan. Hal lain yang dikeluhkan adalah tidak adanya tempat parkir yang dikelola secara resmi. Yang ada adalah tukang parkir liar dengan tarif yang suka-suka, walaupun sebagian besar tukang parkirnya tariknya normal. Buat para wisatawan luar kota tidak adanya tempat parkir resmi bisa membuat mereka bingung dan kapok untuk pergi ke kota Semarang lagi.

Keluhan lain muncul dari pengguna jalan titik yang dikeluhkan adalah jalanan sekitar taman Indonesia kaya menjadi macet, dianggap bahwa parkir motornya tidak rapi memenuhi jalan bau knalpot dan asap mobil membuat polusi menjadi semakin tinggi titik apa lagi pakainya trotoar yang di seberang jalan untuk berjualan membuat para pejalan kaki menjadi terhalang.

Ada satu lagi hal yang dikeluhkan adalah pengamen. karena memang sangat mengganggu. Baru saja duduk belum ada 5 menit sudah ada orang bawa gitar genderang genjreng minta uang, begitu kita kasih selang 12 menit kemudian datang lagi temannya yang juga meminta uang. yang paling susah adalah kalau tidak membawa uang receh, karena sebagian pengamen kalau tidak dikasih uang mereka mulai akan berkata-kata kasar seperti preman.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email